Jumat, 19 Oktober 2012

Penasaran....

UTS semakin mendekat...tinggal seminggu lagi mahasiswa/i calom SKM akan menghadapi mid-test. Rasa-rasanya baru kemarin degh liburan semester dua berakhir kok sekarang udah kembali bertemu dengan yang namanya mid-tes.....:( berbicara tentang mid-test sih sebenarnya gak ada yang perlu ditakutkan kalau kita rajin membaca dan menulis.....:) tapi memang dibutuhkan trik-trik khusus menangani sindrom2 baru yang sifatnya datang dan pergi sebelum dan sesudah ujian, misalnya aja sindrom M (malas, mrengut, mumet, melek bengi) dll.........bahkan biasanya virus fotokopi pun semakin merajalela...fenomena yang ada di kampus saya nih, tempat fotopian laris manis diburu oleh mahasiswa, REJEKI NOMPLOK, kata bang2 fotokopian.

Ngomong-ngomong soal UTS, beberapa hari ini saya dihadapkan pertanyaan yang sama berkali-kali dengan orang yang berbeda-beda. Ada yang datang dari temen satu angkatan, adik tingkat, bahkan kakak tingkat pun ada. Pertanyaannya pun bermacam-macam, diantaranya nih:
Adik tingkat: Kak, ada awetan soal smt 1 gak?
Me: ada dek...
Adik tingkat: boleh pinjam gak? mau aq fotokopi....

Temen angkatan: Lu, cara belajar km ntu gimana sih? kok IP nya gak turun semester kmrn?
Me: yah...kalo aq sih baca handout dari dosen sambil diucapin jadi seolah-olah kayak lagi nerangin orang lain alias berlagak jadi dosen ntuk diri sendiri gitu, trus sambil dicoret-coret bikin semacap peta konsep, n ciptakan suasana belajar senyaman mungkin ama diri kita, misalnya kalo aq ntuh gak bisa belajar kalo gak sambil ndengerin musik, ya...berarti aq harus bljr sambil ndengerin musik, n jangan lupa doa...........
Temen seangkatan: Kalo biar konsisten belajarnya sih gimana lu???
Me: kalo itu bergantung niat dan tujuan qita......klo niat kita untuk mencari ilmu sebanyak mgkin insyaAllah bakal istiqomah belajarnya, karena menuntut ilmu kan gak ada batasan usia..tapi klo niatnya buat cari nilai ya otomatis gak bakal bisa konsisten,,,,,n bikin target kita ke depan itu juga bisa bantu kita istiqomah belajarnya...

Kakak tingkat: dek, tugas yang buat besok sih apa yah???
Me: tugas yang itu ya mba...kalo setangkep aku dari bapaknya itu begini dan begini
Kakak tingkat: oh gitu ya dek
(aku jadi bertanya-tanya nich sebenere yang punya kelas itu siapa sih ya....kan aku cuma ikut belajar di smster atas, kok malah seakan-akan kakak2 tingkat itu jadi adik tingkatku sih....well, bukannya aku sok pintar atau apalah, tapi heran aja, mereka gak malu apa yah sama adik tingkat yang ikut kuliah di kelas mereka dan mereka malah nanya2 tentang tugas atau materi ke adik tingkat...)

Well, back to topic....
banyak yang penasaran dengan cara belajarku. menurutku sih, cara belajarku sama aja dengan yang lain, membaca, menulis, mencoba menerangkan kembali, dan point terpenting sih sebenarnya ketika ada temen yang minta dibantu oleh kita dalam memahami suatu materi, jangan sekali-kali kita menolaknya. berdasarkan pengalaman saya pribadi selama ini, ketika saya mencoba membantu temen memahami materi maka nilai saya pun tidak turun dan justru lebih memuaskan. Pengen bukti??? Try it...!!!

0 komentar:

Posting Komentar