Minggu, 15 Juli 2012

Pengen cepat menguasai bahasa asing? Ini dia kuncinya.


Kemampuan berbahasa asing adalah salah satu kebutuhan utama terlebih bahasa internasional seperti bahasa inggris dan bahasa mandarin. Mengapa demikian? Karena seperti yang kita lihat semakin banyak saja orang asing yang datang ke Indonesia, mulai dari hanya untuk jalan-jalan atau berlibur, mencari pekerjaan, hingga menciptakan lapangan pekerjaan dan sampai menetap di Indonesia. Dengan terjadinya hal demikian, kita sebagai penduduk pirbumi mau tidak mau harus berinteraksi dengan mereka yang tentunya juga harus didukung dengan kemampuan berbahasa asing sesuai dengan bahasa yang mereka pakai. Bukan hanya itu sebenarnya faktor yang menjadikan semakin digencarkannya pendidikan bahasa asing di Indonesia. Tapi juga karena ada faktor-faktor yang lain, seperti keinginan untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri, mencari ilmu, mencari pekerjaan, atau hanya sekedar mencari pengalaman di negeri asing.


Berkaitan dengan semua hal diatas, bahasa inggris dan bahasa mandarin menjadi salah satu bahasa kebutuhan kita sebagai orang Indonesia. Namun sejatinya bukan hanya kedua bahasa tersebut, tapi juga bahasa-bahasa asing lain, seperti bahasa jepang, korea, jerman, perancis, dan lainnya. Banyak juga sekolah-sekolah di Indonesia yang kini mulai memprogramkan kurikulum bahasa asing bagi murid-muridnya. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara-cara agar kemampuan dalam berbahasa asing menjadi lancar?
Berikut ini kunci-kunci ajaib dalam usaha meningkatkan kemampuan anda dalam berbahasa asing.

1. Sungguh-sungguh

Bagi Anda semua yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa asing harus sungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran dan jangan setengah hati saja. Bahkan alangkah lebih baiknya lagi jika Anda juga sudah menentukan target terkait dengan kemampuan bahasa asing Anda di sebuah kertas dan ditempelkan di tempat yang sering Anda temui. Salah satu pepatah dari Arab mengatakan “Bersungguh-sungguhlah, jangan malas, dan jangan menjadi orang yang lalai. Maka sesungguhnya penyesalan ada di akhir bagi mereka itu.” Atau kita juga perlu memikirkan hukum III Newton yang berbunyi Aksi= Reaksi, jadi balasan kita nanti akan seimbang dengan usaha kita atau bahkan atas kehendak Tuhan YME bisa melampaui jauh melebihi usaha kita.

2. Persiapan yang matang

Ini adalah salah satu hal yang paling penting. Mengapa demikian? Karena bagaimana mungkin kita dapat mengajar atau mempelajari bahasa asing tanpa ada alat-alat yang mendukung proses tersebut. Alat-alat yangdimaksud disini mulai dari buku-buku penunjang bahasa asing, video percakapan atau video aplikasi yang lain (misalnya, dalam mempelajari bahasa mandarin ada aplikasi “Happy Chinese I & II”, Everyday Chinese, dan juga tutorial bahasa dari sumber yang lain), surat kabar atau majalah berbahasa asing, atau bisa juga dengan film-film berbahasa asing.

3. Praktek

Jika Anda sudah menguasai atau setidaknya Anda sudah memahami dasar-dasarnya, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mempraktekkan kemampuan berbahasa Anda dengan orang terdekat Anda untuk mengasah kemampuan Anda dalam berbicara. Dan juga alangkah lebih baiknya lagi jika Anda langsung mempraktekkannya dengan native speaker ( bisa bule yang Anda temui di sekitar Anda).

4. Menonton film bahasa asing & Mendengarkan lagu-lagu

Nah, cara ini juga sangat membantu Anda semua untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing atau juga bagi Anda yang merupakan seorang pengajar dapat menarik perhatian anak didik Anda melalui cara ini. Karena saya jamin 100% tidak sedikit mereka yang lebih suka belajar tapi dengan cara-cara yang tidak jenuh dan tidak semata-mata berkutat dengan buku-buku yang tidak terlalu menarik perhatian mereka.
Sebagai bukti nyata dari cara ini adalah mereka yang lebih cepat memahami bahasa asing lewat film, drama atau pun lagu-lagu. Misalnya saja bahasa korea yang dengan cepat dapat dikuasai oleh mereka yang gemar mengkonsumsi produk-produk industri musik negeri ginseng ini.

5. Membiasakan diri menulis kata-kata dalam bahasa asing secara baik dan benar

Carilah teman dari negara asing untuk melakukan conversation atau percakapan dengan orang asing tersebut. Dengan Anda melakukan percakapan dengan orang asing, maka Anda tertantang untuk memberikan yang terbaik. Jika orang asing tersebut mengerti dengan chat Anda, berarti Anda sduah berhasil menguasai bahasa asing tersebut.

Dan satu lagi sebenarnya poin tambahan untuk dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan komunikasi Anda dalam berbahasa asing yaitu melalui sistem Boarding atau asrama, seperti yang dilakukan oleh perintis kampung Pare di Jawa Timur yang memulai usahanya dalam meningatkan kemampuan bahasa inggris anak didiknya dengan sistem asrama atau juga bisa dilakukan dengan sistem reward and punishment bagi mereka yang mengikuti seluruh aturan berbahasa atau mereka yang melanggar aturan dan tidak menggunakan bahasa asing.

Demikian opini saya terkait tentang pentingya kemampuan berbahasa asing dan cara-cara untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

with Language We Can Touch The World


0 komentar:

Posting Komentar