Minggu, 11 November 2012

Episode Pesantren #1 "D3"

Bangunan Pesantrenku dari satu sisi
Apa itu D3??? D3 adalah salah satu kamar tempatku tidur, belajar, berdiskusi, dll selama berada di pesantren. Sebelumnya saya sudah sering berpindah-pindah kamar karena memang sistem rolling kamar selama satu tahun yang berlaku di pesantren saya. Alhasil teman kamar pun berubah-ubah. Tapi D3 ini punya keunikan sendiri. Mereka yang masuk ke kamar ini adalah mereka orang-orang yang terpilih, hehe...Well, karena memang kamar ini khusus untuk pengurus asrama putri yang kebanyakan mereka yang berada di tingkat akhir SMA, termasuk saya. Kalau boleh sedikit menyombongkan diri sih saya dulu menjabat sebagai ketua asrama putri,sesuatu yang tidak pernah saya pikirkan dan bayangkan dulu.


Salah satu sisi lain dari pesantrenku, lantai 2 adalah asrama putra

Lantai dasar pesantreku, ada kantor2 dan lab2

Berbagai kisah unik saya alami selama berada di kamar ini. Satu-satunya kamar yang cukup mewah karena ada teleponnya (meskipun cuma telepon paralel yang hanya bisa dibagai dalam lingkungan pesantren). Untuk masalah tempat tidurnya sih sama saja dengan kamar yang lain, yaitu kasur alas yang tingginya gak lebih dari 10 cm dan for your information dulu saya gak pernah mikir apakah tempat tidur saya sehat atau tidak, dan setelah belajar dasar K3 di semester 3 ini saya shock banget karena ternyata tempat tidur saya dulu gak sehat sama sekali. Apalagi tiap tahunnya kasur alas yang saya pakai bisa menipis sekitar 3 cm, bisa dibayangkan lah kalau udah 2 atau 3 tahun jadi gak bisa dibedakan mana kasur dan mana lantainya. Sedikit cerita juga nih, kasur nya itu multi fungsi, bisa buat tidur, nyetrika baju (jadi, karena gak ada setrika dan emang gak ada setrika plus gak ada waktu juga buat nyetrika karena padatnya jadwal kegiatan, alhasil baju-baju cukup dilipat dan diletakkan di bawah kasur terus dipakai tidur kasurnya dan hasilnya besoknya kelihatan seperti habis disetrika), dan bisa juga buat mainan...Kalau ingat dulu waktu saya di pesantren, tidurnya itu udah kayak ikan yang dijemur, bayangin aja kasur lantai berjejer-jejer sampai 15 buah terus ada orangnya diatasnya, kan gak jauh beda ama ikan, hehe....(Eits, tapi saya bukan ikan lho ya....!!! :) )

Selain kasur yang unik, teleponnya pun unik lho..cuma ada satu di asrama putri dan hanya orang-orang beruntung dan terkenal yang bisa memakainya. Jadi itu telepon khusus dipakai untuk komunikasi antara pengurus pesantren dengan pengurus asrama...n gak jarang juga sih itu telpon disalahgunakan, misalnya kadang itu buat iseng2an antar asrama putra dan putri (Jangan ditiru!!!!). dan yang lebih berhasil guna dan berdaya gunanya telpon ini adalah bisa buat menenangkan hati dan menghibur anak SD yang baru masuk pesantren, khususnya masuk asrama putri. Biasanya dan ya lazimnya anak kecil ketika pertama kali jauh dari orang tua pasti nangis dan jungkir balik minta pulang ke rumah, nah sebagai sarana meredam tangis anak tersebut dipakailah telepon itu untuk pura-pura menghubungi orang tuanya dan minta mereka jemput sih anak. Dan yang namanya anak kecil apalagi masih baru dan belum tahu apa-apa tentang asrama putri ini pasti percaya saja bahwa pengurus atau seniornya di asrama benar-benar menghubungi orang tuanya. Saya pun pernah membohongi dua anak kelas 1 SD yang baru masuk asrama putri dengan pura-pura menghubungi orang tuanya dan ya mereka percaya saja dengan saya. Sebenarnya sih gak tega juga sama mereka dan pastinya ada rasa bersalah yang muncul, tapi daripada mereka tidak jadi menuntut ilmu di Pesantren dan pulang kembali ke rumah yang menyebabkan orang tua kecewa gak ada salahnya kan saya berbohong. Bukankah berbohong untuk suatu kebaikan itu gak papa? (Hehe, manusia paling pandai mencari alasan).

Nah satu lagi ini yang bikin kamar ini menjadi kamar exklusif, yaitu karena lemarinya....Bentuknya sih sama aja kayak lemari-lemari di kamar yang lain yaitu kotak-kotak dan besarnya hampir sama dengan televisi 21 inchi (kecil kan ya??? "_"). Kalau penghuni kamar yang lain hanya dapat satu lemari, maka penghuni kamar D3 ini dapat jatah 2 lemari..enak kan??? Jadi biasanya ntuh lemari yang satunya lagi buat naroh baju-baju yang baru dateng dari jemuran....(sekedar informasi nih, biasanya kalau udah capek dan ngantuk karena jadwal kegiatan yang padat so ada beberapa yang gak ngelipat bajunya sampai hari dipakainya ntuh baju, nah maka dari itulah untuk antisipasi hal2 semacam itu yang kadang terjadi secara tiba-tiba so waktu nyuci baju pake trik-trik biar bajunya gak kusut dan tetap rapi).

Well, itu tadi sedikit cerita tentang kamarku di tahun terakhir waktu tinggal di pesantren......
Jangan bosan baca-baca postingan di blog ku yah....
谢谢......
在见.....!!!!

0 komentar:

Posting Komentar